Sabtu, 10 Januari 2015

Hiram Bingham III

   Lahir 19 november 1875 di Honolulu. Ia adalah seorang penjelajah, sejarawan, dan politikus Amerika Serikat. Bingham pernah mengajar di Yale University dan pernah menjelajah Machu Picchu pada 1911. Bingham beragama Kristen Protestan. Bingham pernah menjabat sebagai Gubernur Connecticut dan senator Amerika Serikat.
  
   Bingham lahir di Honolulu, Hawaii, Hiram Bingham II (1831-1908) adalah misionaris Protestan awal untuk Kerajaan Hawaii, cucu dari Hiram Bingham I (1789-1869) juga salah satu misionaris. Dia masuk College O’ahu yang sekarang dikenal sebagai sekolah Punahou i Hawaii (1882-1892). Ia pergi ke Amerika Serikat untuk menyelesaikan pendidikannya dengan memasuki Philips Academy di Andover, Massachusetts, dan lulus pada 1894. Ia memperoleh gelar B.A dari Universitas Yale tahun 1898, dan pada tahun 1905 ia memperoleh gelar Ph.D di Harvard Univesity. Sementara di Yale, Bingham menjadi anggota persaudaraan Acacia. Ia menjadi salah satu staff pengajar di Harvard sebagai dosen sejarah dan politik. Kemudian ia menjabat sebagai pembimbing Woodrow Wilson di Universitas Princeton. Pada tahun 1907 di Universitas Yale ia ditunjuk sebagai dosen dalam sejarah Amerika Serikat. Pada tanggal 6 juni 1956, Bingham meninggal di Washington DC dan di kebumikan di Pemakaman Nasional Arlington, Virginia.
   Bingham mencapai pangkat kapten dari Connecticut National Guard pada 1916. Pada tahun 1917, ia menjadi salah satu penerbang pada event yang diseleggarakan sekolah militer Amerika Serikat, Aeronautics didelapan universitas untuk memberikan tanah sekolah pelatihan untuk penerbang kadet. Ia menjabat pada bagian Aviation US Signal Corps, Air Service dan mencapai pangkat letnan kolonel. Di issoudun, Perancis, Bingham memerintah Aviation Instruktion Center, layanan udara terbesar dan mengajar ditempat itu. Ia menjadi relawan Air Service dalam mencari korban pasca perang kemerdekan dari angkatan darat Amerika Serikat. Selain itu usaha yang dilakukan oleh Bingham ialah dengan menerbitkan explore dalam layanan udara, karyanya ini diluncurkan pada tahun 1920 oleh Yale University Press.
   Selain sebagai aggota militer ialah juga adalah seorang arkeolog, namun bukanlah seorang arkeolog yang terlatih “ujar dirinya”. Ia pernah menemukan sesuatu yang dilupakan dari Kota Inca dari Machu Picchu. Pada tahun 1908 ia pernah menjabat sebagai delegasi Pan American kongres pertama di Santiago, Chili. Dalam perjalanan pulang Bingham yang melalui Peru, anggapan masyarakat meyakinkannya untuk mengunjungi Kota Pra-Kolumbia, Choquequirao.  Bingham senang dengan prospek kota Inca yang belum diselidiki, dan pada tahum 1911 ia kembali ke Pegunungan Andes dengan ekspedisi Peru Yale 1911.  Pada 24 juli, Melchor Artega menyebabkan Bingham pergi ke Machu Picchu, yang sebagian besar sudah dilupakan oleh semua orang kecuali sebagian kecil dari masyarakat yang tinggal langsung di lembah. Bingham kembali ke Peru pada 1912 dan 1915 dengan dukungan dari Yale dan National Geographic Society. Machu Picchu telah menjadi salah satu atraksi wisata utama di Amerika Selatan dan Bingham diakui sebagai orang yang situs ini menjadi diperhatikan dunia, walaupun banyak orang lain yang membawa situs ini ke mata publik. Sebagai penghargaan pengelola situs terhadap Bingham, salah satu jalan yang membawa bus wisata dari Sungai Urumbanba (nama jalan yang ada pada wilaya situs) disebut dengan jalan raya Hiram Bingham. Kemungkinan karakter Indiana Jones dikutip dari Bingham. Salah satu buku yang pernah ditulis oleh Bingham berjudul “Lost City from Inca” menjadi buku paling laris atas publikasinya pada 1948. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar